SEKILAS INFO
: - Jumat, 30-09-2022
  • 1 tahun yang lalu / Saksikan Live Streaming di Youtube sekolah (SIT Ibnu Sina Makassar Official) dan Facebook Sekolah (SIT IBNU SINA Makassar) pada hari Sabtu tgl. 06 Februari 2021 Pkl. 09.00 WITA kegiatan TASMI’ Hafalan AL Qur’an Juz 30 oleh Ananda Muh. Aunur Rofiq Lil Firdaus, siswa kelas 3B
  • 1 tahun yang lalu / Saksikan Live Streaming di Youtube sekolah (SIT Ibnu Sina Makassar Official) dan Facebook Sekolah (SIT IBNU SINA Makassar) pada hari Sabtu tgl. 30 Januari 2021 Pkl. 09.00 WITA kegiatan TASMI’ Hafalan AL Qur’an Juz 30 oleh Ananda Ahmad Adly Fithra Kelas 3A
Sosialisasi Kurikulum Merdeka SDIT Ibnu Sina Makassar

Pada hari Sabtu, 10 September 2022 M / 14 Safar 1444 H SDIT Ibnu Sina Makassar melaksanakan Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Tahun Pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini terkhusus untuk kelas I & IV (satu dan empat) yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka dimulai Pkl. 10.00-12.00 Wita. di SDIT Ibnu Sina Makassar Jln. Pongtiku No. 11.

Peserta sosialisasi adalah seluruh guru dan orang tua siswa kelas I & IV. Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Ustadzah Nurul Fikriah, S.Pd. selaku moderator acara. Dilanjutkan pemaparan Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Ustadzah Rahmawati, S.Psi. selaku Kepada SDIT Ibnu Sina Makassar.

Ustadzah Rahmawati, S.Psi. memaparkan bahwa Kurikulum Merdeka adalah kurikulum terbaru yang memfokuskan pada potensi peserta didik.  Tujuan dari Kurikulum Merdeka adalah untuk menguatkan kompetensi dan pengembangan karakter siswa melalui penyederhanaan konten. Kurikulum Merdeka diimplementasikan pada 2 jenjang di tiap tahun ajaran. Pada tahun ajaran 2022/2023, Kurikulum Merdeka akan diimplementasikan pada jenjang kelas I & kelas IV.

Ketertinggalan pembelajaran diharapkan mampu diselesaikan dengan penyederhanaan kurikulum melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Ada beberapa perubahan siginifikan dalam Kurikulum Merdeka antara lain adanya Proyek Profil Pelajar Pancasila dan tidak adanya KKM.  Selain itu, ada juga perubahan pada Kompetensi Dasar yang  berubah menjadi Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dulu disebut dengan RPP. Maka dari itu SDIT Ibnu Sina Makassar mengundang orang tua siswa untuk mengikuti Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka agar orang tua siswa bisa mengetahui dan memahami Kurikulum Merdeka. Alhamdulillah orang tua siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sehingga ada beberapa orang tua siswa yang bertanya terkait tujuan dan arah kurikulum merdeka kedepannya.

Semoga dengan diadakannya Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka sebagai bekal guru dan orang tua siswa agar siap melaksanakan Kurikulum Merdeka khususnya di SDIT Ibnu Sina Makassar, dan semoga di tahun ajaran 2022/2023 Kurikulum Merdeka bisa diimplementasikan dengan baik dan diberi kemudahan dalam pelaksanaannya.

TINGGALKAN KOMENTAR