SEKILAS INFO
: - Jumat, 19-04-2024
  • 1 tahun yang lalu / Pendaftaran Online PPDB, kunjungi link: https://forms.gle/LRKGutzxrXTBxW3A7
MUNAQOSYAH TAHFIDZUL QUR'AN SDIT IBNU SINA MAKASSAR

Munaqosyah Tahfidz Qur’an adalah ujian yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al Qur’an sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran Al Qur’an yang selama ini dilakukan di sekolah. Pada tanggal 26-27 Mei 2023 M / 6-7 Dzulqa’dah 1444 H telah dilaksanakan Munaqosyah Progam Tahfidzul Qur’an siswa SDIT Ibnu Sina Makassar. Hal ini dilakukan sebagai upaya membina dan mencetak generasi bangsa yang mencintai Al Qur’an dan melahirkan generasi Rabbiradhiyyah sesuai dengan visi misi sekolah. Kegiatan Munaqosyah kali ini diikuti oleh 67 peserta dengan kategori juz 30, 2 juz, 3 juz dan 5 juz mulai dari juz 30 sampai juz 26.

Kegiatan Munaqosyah dibuka secara resmi oleh Kepala SDIT Ibnu Sina Makassar (Ustadzah Rahmawati, S.Psi.). Dalam sambutannya Ustadzah Rahmawati memberikan semangat kepada peserta Munaqosyah Tahfidzul Qur’an untuk tampil maksimal dan menyampaikan bahwa disinilah saatnya peserta memberikan mahkota terindah kepada kedua orang tua serta Ustadzah Rahmawati juga mengucapkan jazakallah khair kepada orang tua siswa yang antosias hadir menyaksikan tampilan terbaik putra/putrinya.

Kegiatan Munaqosyah kali ini diuji langsung oleh kepala PPTQ Ibnu Sina Makassar (Ust. Amirullah, S.Pd.I) dan sebagai Juri adalah Ust. Sudirman, S.Pd. (Guru Wafa SDIT Ibnu Sina Makassar). Penilaian yang diambil dalam munaqosyah ini adalah tajwid dan kelancaran dalam menghafal Al-Qur’an  dengan cara peserta memilih nomor secara acak yang berisi surah-surah yang akan diujikan. Selanjutnya penguji membacakan surah yang sudah dipilih. Pada saat diuji peserta membacakan surah yang disebut oleh penguji dan sambung ayat. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh orang tua peserta dan bagi orang tua yang tidak sempat hadir bisa menyaksikan melalui Live Streaming YouTube.

Alhamdulillah pada tes Munaqosyah Tahfidzul Qur’an dewan juri mengumumkan peserta yang lulus Munaqosyah. Bagi peserta yang belum lulus diberikan waktu Muroja’ah selama 1 pekan dan menghadap ke dewan juri untuk menyetor ulang hafalannya. Peserta yang dinyatakan telah lulus oleh dewan juri, maka siswa diberikan Sertifikat kelulusan. Yang diserahkan oleh Kepala SDIT Ibnu Sina Makassar ( Ustadzah Rahmawati). Prestasi yang didapatkan siswa tentunya selain dari usaha siswa-siswi yang giat menghafal, juga karena dukungan dari orang tua siswa dan bimbingan dari guru-guru Al-Qur’an serta Ustad/ustadzah di SDIT Ibnu Sina Makassar.

“Harapan kami ke depan program tahfidz ini tetap istiqomah, melahirkan insan-insan yang Qur’ani, yang cerdas, dan berakhlaqul karimah serta menjadi generasi Rabbiradhiyyah.

TINGGALKAN KOMENTAR