SEKILAS INFO
: - Sabtu, 26-11-2022
  • 1 tahun yang lalu / Saksikan Live Streaming di Youtube sekolah (SIT Ibnu Sina Makassar Official) dan Facebook Sekolah (SIT IBNU SINA Makassar) pada hari Sabtu tgl. 06 Februari 2021 Pkl. 09.00 WITA kegiatan TASMI’ Hafalan AL Qur’an Juz 30 oleh Ananda Muh. Aunur Rofiq Lil Firdaus, siswa kelas 3B
  • 1 tahun yang lalu / Saksikan Live Streaming di Youtube sekolah (SIT Ibnu Sina Makassar Official) dan Facebook Sekolah (SIT IBNU SINA Makassar) pada hari Sabtu tgl. 30 Januari 2021 Pkl. 09.00 WITA kegiatan TASMI’ Hafalan AL Qur’an Juz 30 oleh Ananda Ahmad Adly Fithra Kelas 3A
ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) 2022 SDIT IBNU SINA MAKASSAR

ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) tahun 2022 kembali dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. ANBK merupakan salah satu bentuk evaluasi oleh pemerintah untuk memetakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Alhamdulillah, tepat tanggal 24-25 Oktober 2022 SDIT Ibnu Sina Makassar dapat melaksanakan ANBK di gelombang pertama sesi 1 dan sesi 2 dengan status moda online mandiri. Peserta ANBK  diikuti oleh 35 peserta didik kelas V yang dipilih secara acak, 30 peserta didik sebagai peserta inti dan 5 peserta didik sebagai peserta cadangan. ANBK bukan menjadi penentu kelulusan bagi peserta didik, sehingga tidak semua peserta didik kelas V mengikuti ANBK. Hasil dari ANBK ini akan digunakan untuk evaluasi sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan mengajar guru serta mengembangkan mutu sekolah dari waktu ke waktu. Asesmen nasional ini akan memberikan gambaran tentang karkateristik sebuah satuan pendidikan yang efektif. Setelah melaksanakan ANBK, hasilnya akan tervisualisasikan dalam platform rapor pendidikan yang memberikan informasi tentang hasil evaluasi pendidikan berupa Asesmen Nasional bersama sumber data lainnya. Tentunya pihak sekolah sangat berharap bahwa rapor pendidikan sekolah mencapai atau melebihi nilai standar kompetensi minimum untuk literasi membaca maupun numerasi.

ANBK dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) peserta didik. Sementara survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik. Adapun survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas. Alhamdulillah, pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar karena didukung oleh kesiapan peserta didik, panitia, infrastruktur, TIK, listrik, dan jaringan internet serta telah mengikuti simulasi dan gladi ANBK dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR